Minggu, 07 Oktober 2012

Trik dan Cara lain IES Lighting Vray Sketchup


Banyak yang mengalami kesulitan seorang pemula tentang cara menggunakan rendering IES Lighting di dalam Vray Sketchup  Maka saya berupaya menjelaskan dalam tutorial ini dan menggambarkan hal-hal yang menyebabkan terjadinya kegagalan dalam pencahayaan menggunakan IES lighting.

Trik ini adalah bagaimana kita memasang IES lighting yang bersifat Fake tapi menghasilkan cahaya yang luar biasa dan serupa dengan IES sebenarnya.

1. Buatkan sebuah model sederhana


2. Masuklah kedalam ruangan

3. Modelkan sebuah wadah (receptacle) cahaya sederhana


4. Buatlah face dan jadikan sebuah group komponen


5. Terapkan Diffuse map
Selanjutnya kita dapat membuat komponen cahaya dengan Diffuse map dan Omni light (mari kita buat Omni light dan vray mapnya)

6. Vray Material
Trik dalam membuat pekerjaan IES ini ... Anda perlu memiliki opacity map dalam material IES palsunya dan opacity ini harus di dalam format PNG ... (Jika Anda tidak  menggunakan vray1.5) jadi saya mengkonversinya menjadi PNG map Seperti contoh ini untuk file jpg yang aslinya :

Ini contoh file dalam format png 


Dalam Vray 1,5 Link bahan sudah tersedia secara otomatis dalam material Vray sehingga Anda tidak perlu melakukan seperti langkah sebelumnya untuk membuatnya. langsung ke VraySU 1,5 .. Cukup klik material dan tambahkan map opacitynya (png) dalam slot yang sama.


7. Pencahayaan Omni Light
di
Vray 1,5 pencahayaan agak berbeda dengan yang sebelumnya.

Parameter Pencahayaannya.
Dua
hal yang penting

- Harus menjadi inverse-Decay.
- Jika Anda ingin melihat efek dari ies palsu, jangan menjadikan radius dalam keadaan  "0" ... Lembutnya bayangan akan dimainkan oleh opacity map dan bukan cahaya.


8. Test Render
 Render menggunakan IES asli


Dengan IES Palsu

Menggunakan Opacity map yang berbeda
Hasilnya sangat OK apalagi dengan Omni light beserta rectangle lightnya...Bila ada sharing yang lain silahkan


Selamat Mencoba dan semoga Bermanfaat

2 komentar:

subhanallah ..dahsyat..luar biasa..mirip dengan aslinya...kayak foto...Terimakasih Bang....saya copas boleh ya..buat meng guide langkah saya belajar..Aku baru mulai belajar Bang..sekali lahi terimakasih....

hallo mas..ada link ies nya ga ya....
matur tq

Posting Komentar